Contoh Pengembangan Paragraf

_____________________________________________________________________________________

TUGAS MATA KULIAH BAHASA INDONESIA
PENGEMBANGAN PARAGRAF


OLEH:

NAMA     : M ARFAN HANDRAH
NIM        : 2011 122 121
KELAS    : 1C
PRODI    : Pendidikan Fisika



UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
TAHUN ANGKATAN 2011/2012

_____________________________________________________________________________________
1.    Pengembangan paragraf berdasarkan teknik

a)    Secara alamiah
Contoh pengembangan paragraf secara alamiah :
         Arva membuka pintu kelasnya perlahan-lahan. Dilihatnya sebuah jendela yang terbuka. Di bawah jendela, tampak sebuah meja guru yang memakai taplak putih. Di atas taplak putih itu ada sebuah vas bunga dari kayu. Vas bunga tersebut bergambar beberapa kuntum bunga matahari seperti bunga yang ada didalamnya. Disebelahnya tergeletak sebuah agenda kelas yang terbuka dan kalender duduk.Arva lalu memasuki ruang kelasnya dengan langkah yang lambat. Dia memalingkan pandangan ke arah kanan. Tampak satu buah white board yang bersih tanpa coretan. Di sebelah kiri white board tersebut, terpasang sebuah tempat spidol berwarna biru muda, serasi dengan dinding yang bercatut biru tua. Dan disebelah kanan white board terpasang satu papan madding yang penuh tulisan-tulisan karya siswa.
Arva memutar pandanganya ke belakang kelas. Ada sebuah pribahasa berbahasa inggris yang berwarna kuning bertuliskan ‘practice make perpect’ dibawahnya terpasang sebuah system periodik unsur-unsur di kiri kananya juga terpasng sebuah denah duduk dan daftar kelompok belajar.Selain itu, ditatapnya dinding kiri kelas. Di sana terpasang struktur organigram dan sebuah daftar regu kerja dari karton berwarna kuning. Struktur organigram dan daftar regu kerja tersebut ditutupi oleh plastic bening.
Arva berpaling kedinding kanan. Disana tergantung daftar pelajaran berwarna kuning. Daftar pelajaran itu disusun tak berurutan, hurf-hurufnya pun dari guntingan majalah. Meski tampak tidak rapi,namun cukup bagus dan menarik.Arva menyusuri deretan bangku kosong didepanya. Tak usah dihitung lagi karena pasti ada 34 meja dan 34 kursi. Dan tanpa kata Arva berjalan kebangkunya sendiri,dan duduk disana sembari menunggu upacara hari senin.

b)    Secara klimaks dan antiklimaks
Contoh pengembangan paragraf klimaks dan antiklimaks:
Komputer selalu mengalami perkembangan yang significant dari generasi ke generasi, penemuan-penemuan dari para ahli adalah salah satu fator munculnya teknologi masa depan tersebut. Komputer generasi pertama memiliki ukuran yang sangat besar dan selain itu belum memiliki fungsi lain selain untuk mengetik.Pada tahun 1948 adalah perkembangan komputer generasi kedua yang di tandai dengan pengecilan ukuran komputer. Pertumbuhan komputer generasi ketiga pada tahun 1958 yang membuat komputer semakin bersahabat dan nyaman di gunakan karena selain ukurannya yang semakin mengecil juga di ikuti dengan penemuan sofware-sofware dari beberapa perusahaan komputer. Dan pada tahun 1980, tepatnya perkembangan generasi komputer keempat di temukan sebuah chip yang mampu mewakili ratusan komponen penting komputer yang membuat komputer semakin kecil dan canggih, di abad inilah juga komputer di desain untuk keperluan komersial sehingga terjangkau untuk semua pihak.
        Perkembangan komputer generasi kelima ( komputer masa depan) adalah teknologi yang sedang kita nikmati sekarang, dimana komputer berfungsi di berbagai bidang, seperti bisnis, kesehtan, pendidikan dan sebagainya . dan komputer dapat berada di genggaman. Bahkan perusahaan Apple sudah meluncurkan Tablet yang merupakan pencetus teknologi masa depan.

c)    Secara Umum khusus
Contoh paragraf secara umum khusus:
Styrofoam terbukti aman digunakan, karena telah melewati standar BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan). Styrofoam bisa menyerap panas. Ini terbukti setelah diseduh air panas, tidak terasa panas di tangan ketika dipegang. Selain itu syrofoam aman di gunakan untuk membungkus berbagai jenis makanan, seperti kue, nasi, katering dan sebagainya. Anggapan yang menyatakan bahwa styrofoam mengandung zat kimia berbahaya adalah tidak benar, karena styrofoam telah melewati penelitian BPOM dan Japan Environment Agency sehingga memenuhi syarat untuk mengemas produk pangan.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kemasan dengan styrofoam aman digunakan.

2.    Pengembangan Paragraf Berdasarkan Isi

a)    Secara perbandingan dan pertentangan
Contoh pengambangan paragraf secara perbandingan dan pertentangan:
Kita memang tidak memiliki kesempatan untuk menikmati indahnya musim semi dan serunya bemain bola salju di Indonesia,karena di Indonesia adalah negara tropis dan hanya ada dua musim yaitu, musim panas dan musim hujan. Berbeda halnya dengan di Jepang, mereka memiliki empat musim, yakni musim Semi/haru,musim panas/natsu,musim gugur/aki dan musim dingin/fuyu.Iklim yang terjadi pada masing- masing negara sangat mempengaruhi pola hidup masyarakatnya. Seperti halnya di Indonesia sekarang sedang musim hujan biasanya masyarakatnya yang agraris akan memulai bercocok tanam. Faktor alam juga sangat mendukung Indonesia, terbukti dengan banyaknya tempat- tempat wisata alami di Indonesia serta banyaknya flora dan fauna endemik yang ada. Sedangkan di jepang, tidak terlalu banyak tempat wisata seperti seperti yang ada di Indonesia, masyarakatnya yang sebagian besar bekerja di pakrik – pabrik usaha teknologi, pertanian di jepang juga sangat maju, walaupun lahan tidak seberapa mendukung, tetapi majunya teknologi, majunya pengetahuan dan ke disiplinan serta dukungan pemerintah membuat pertanian di jepang sangat maju.

b)    Secara analogi
Contoh pengembangan paragraf secara analogi :
    Lionel messi, salah seorang pemain sepak bola yang memiliki teknik dan kemampuan yang luar biasa , kecepatannya dalam menggiring bola tidak di ragukan lagi, dia bisa melewati lima pemain sakaligus. Dia berlari lebih cepat dari kijang, lebih gesit dari kelinci dan lebih kuat dari singa yang mengejar mangsanya. Hingga hampir tak seorang pun bisa merebut bola darinya.

c)    Contoh – contoh
Contoh pengembangan paragraf secara contoh – contoh, sebagai berikut:
    Semakin hari, semakin banyak demonstrasi yang terjadi di Negara kita tercinta Indonesia, baik demonstrasi oleh mahasiswa maupun masyarakat. Bentuk demonstrasi pun semakin ekstrim, contohnya, demonstrasi akhir – akhir ini , demonstrasi dengan bakar diri oleh Sondang Hutagalung, salah satu mahasiswa swasta di Jakarta, protes atas ketidakadilan dan kesenjangan serta pemiskinan akibat Neoliberalisme pemerintah SBY. Kemudian Aksi demonstrasi jahit mulut yang berdemonstrasi di depan gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat(23/12/2011). Mereka menuntut perusahaan kertas yang menguasai Kepulauan Meranti,Padang dicabut izinnya.

d)    Secara sebab akibat
Contoh pengembangan paragraf secara sebab akibat :
    India merupakan negara penghasil beras pertama dunia yang memproduksi 54% beras dunia . Indonesia juga memiliki andil yang cukup besar sebagai penghasil beras ketiga terbesar dunia dengan menyumbang 8,5 % beras dunia atas 51 juta ton.  Sayangnya akhir- akhir ini Indonesia mengalami penurunan, hingga Indonesia harus mengimfor beras hingga 1000 ton. Hal tersebut di pengaruhi oleh banyak faktor,seperti  hama yang tidak terkendali, kurangnya pengetahuan petani dalam mengolah lahan, kurang andilnya pemerintah dalam usaha memajukan pertanian negeri dan banjir yang kerap kali terjadi, kebanyakan petani mengalami gagal panen. Hinga Indonesia harus mengimfor beras dari India, Cina atau pun  Thailand.

e)    Secara definisi luas
Contoh pengembangan paragraf secara defenisi luas :
    Gedung- gedung pencakar langit, Hotel- hotel berbintang tujuh, tak lepas dari kreatifitas dan imajinasi tinggi dari para Arsitek. Tak semua orang bisa menjadi seorang arsitek, Istilah arsitek seringkali diartikan secara sempit sebagai seorang perancang bangunan, adalah orang yang terlibat dalam perencanaan, merancang, dan mengawasi konstruksi bangunan, yang perannya untuk memandu keputusan yang memengaruhi aspek bangunan tersebut dalam sisi astetika, budaya, atau masalah sosial. Definisi tersebut kuranglah tepat karena lingkup pekerjaan seorang arsitek sangat luas, mulai dari lingkup interior ruangan, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Karenanya, lebih tepat mendefinisikan arsitek sebagai seorang ahli di bidang ilmu arsitektur,dan ahli rancang bangun.

f)    Klasifikasi
Contoh pengembangan paragraf secara Klasifikasi :
    Indonesia memiliki hewan dan tumbuhan endemik yang sangat banyak, terdiri dari burung, hewan berkaki empat ataupun hewan berkaki dua, Tumbuhannya juga sangat menarik dan indah, tak kalah indah dengan bunga sakura . hewan endemik Indonesia seperti, harimau sumatra,  Orang utan, Badak bercula satu, siamang, burung endemik Indonesia seperti, Burung Cencrawasih, Burung kakatua putih, dan sebagainya. flora endemik Indonesia seperti, bunga bangkai, bunga kangtong semar, Matoa, dan sebagainya.


     

2 komentar:

Hamzah Alfarisi mengatakan...

bAguss lanjutkan


hamzahalfarisi.student.ipb.ac.id

Mitha Ye Es mengatakan...

makasia kak , membantu banget ^^

Poskan Komentar

Komentarnya ,, tolong yang berkualitas ya,

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

FISIKA

Berbuatlah dan jalankan semua impianmu, karena sebenarnya dalam dirimu telah terdapat energi dan kemampuan untuk melakukan apapun.

Islam is Beautiful

Loading...
Ada kesalahan di dalam gadget ini
Loading...

Total Tayangan Laman